Uncategorized

Sejarah

SEJARAH LDK FOSKOMI

LDK Foskomi di dirikan sekitar tahun 1986 an oleh Ade Ruhyana. Sedangkan nama foskomi sendiri berarti Forum Studi dan Komunikasi Mahasiswa Islam. Ldk foskomi merupakan unit organisasi tertua dari beberapa organisasi lainnya di kampus Politeknik STMI, dan merupakan unit organisasi yang mewadahi kegiatan khusus dalam upaya mengembangkan keyakinan agama serta pengabdian masyarakat di tingkat kampus Politeknik STMI.

Sesuai dengan AD/ART LDK FOSKOMI, LDK Foskomi mempunyai peran penting dalam menjalankan roda dakwah di tingkat kampus maupun nasional. Perannya dalam mensyiarkan agama islam menjadi salah satu tonggak utama visi dan tujuan dari LDK foskomi dari tiap tahun ke tahun. Namun tidak hanya itu, LDK Foskomi juga melakukan pembinaan terhadap para kader-kader mereka agar kelak dapat menciptakan generasi kader yang rabbani dan berkompeten.

LDK Foskomi memiliki motto “Membangun Kepedulian Nurani dan Komitmen Terhadap Dakwah”. Motto ini bermakna bahwa kegiatan dakwah islam harus selalu dibangun dengan keistiqomahan yang tinggi dan berasal dari dalam lubuk hati untuk rela mengorbankan waktunya demi mensyiarkan agama islam.

Logo LDK Foskomi dari tahun ke tahun mengalami perubahan. Saat pertama kali dibentuk Logo LDK Foskomi hanya seperti gambar dibawah ini

Lalu kemudian tahun  2006 an berubah menjadi

Setelah itu kemudian tahun 2016 berubah hanya sebagian menjadi

Meskipun dari tahun ke tahun berubah, identitas LDK Foskomi tetap tidak berubah yaitu sebagai wadah pengembangan keyakinan agama.

Struktur organisasi LDK Foskomi dari tahun ke tahun juga mengalami perubahan dan pengembangan. Namun yang menjadi ciri khas dari LDK ialah adanya ketua keputrian, karena di Lembaga Dakwah Kampus perlu adanya syariat dalam bersosialisasi khususnya antara ikhwan dan akhwat, namun tetap tidak menjunjung adanya diskriminasi gender dan tetap sama-sama mencapai tujuan yang sama.

Majelis Pemusywaratan Organisasi (MPO) merupakan lembaga tertinggi dalam struktur organisasi. Tugasnya dalam mengawasi, memberi pertimbangan dan menindaklanjuti tidak lain sebagai wewenang untuk mengkroscek kinerja dari Badan Pengawas Harian(BPH). Namun MPO dalam hal ini tidak bisa ikut campur dalam hal kegiatan yang akan dilakukan oleh BPH.

LDK mempunyai suatu organisasi yang mewadahi semua LDK se-nasional. Ialah Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus(FSLDK) yang berfungsi sebagai sarana bagi terciptanya gerak dakwah yang teratur, terpadu, dan kompak menuju ummatam wahidah. Sementara itu LDK Foskomi tercakup ke dalam wilayah di bagian Jadebek dan LDK Foskomi berkesempatan untuk ikut andil dalam perjuangan dakwah sampai ke pelosok pelosok nusantara.

 

Created by Hendri Wicaksono

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s